Bukti Fisik Standar Proses Akreditasi SMP/MTsN
Pada Kesempatan ini, kami akan berbagi kepada bapak kepala sekolah/guru-guru yang sekolahnya akan melaksanakan akreditas mengenai komponen-komponen standar isi untuk kelengakapan akreditas khususnya Pada jenjang SMP/MTsN.
Bagi kepala sekolah/guru yang sekolahnya akan melaksanakan akreditasi yang harus dipersiapkan adalah delapan standar diantaranya standar isi, standar sproses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Jika delapan standar tersebut sudah terpenuhi, maka bapak kepala sekolah/guru tidak usah cemas dan khawatir saat pelaksanaan akreditas karena delapan standar tersebut sudah kita penuhi.
Bagi kepala sekolah/guru yang sekolahnya akan melaksanakan akreditasi yang harus dipersiapkan adalah delapan standar diantaranya standar isi, standar sproses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Jika delapan standar tersebut sudah terpenuhi, maka bapak kepala sekolah/guru tidak usah cemas dan khawatir saat pelaksanaan akreditas karena delapan standar tersebut sudah kita penuhi.
Menurut kami, Standar Isi adalah salah satu Instrumen kelengkapan akreditas yang akan akan menjadi bahan penilaian oleh asesor atau penilai layak tidaknya sekolah tersebut sebagai sekolah yang terakreditas dengan nilai tertentu.
Bukti Fisik Standar Proses Akreditasi SMP/MTsN
Dalam Standar Proses terdapat 21 butir diantaranya:
- Silabus dan RPP semua kelas / mata pelajaran
- RPP semua kelas / mata pelajaran
- Lapor bulan
- Pembagian Tugas Mengajar
- Daftar Inventaris Buku di Kelas
- Notulen Rapat (Penentuan Buku Teks)
- Buku kunjungan ke perpustakaan
- RPP
- Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
- Dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik pada kelas I — III. RPP Tematik
- Dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran pada kelas IV — VI.
- Guru kelas I s.d kelas VI dalam kegiatan pembelajaran yang dipantau oleh KS. Asesor wawancara dengan guru
- Dokumen supervisi proses pembelajaran oleh KS
- Catatan hasil evaluasi proses pembelajaran guru oleh KS
- Dokumenlaporankompetensi guru
- Dokumen hasil tindak lanjut dari pengawasan proses pembelajaran
Aturan pemberian penghargaan / tata tertip Program tindak lanjut
Untuk lebih lengkap langsung saja download Bukti Fisik Standar Proses Akreditasi SMP/MTsN di bawah ini.
Post a Comment